Laman

Jumat, 09 Maret 2012

Departemen Kehakiman AS Peringatkan Apple

TEMPO.CO, Washington - Departemen Kehakiman Amerika Serikat memperingatkan Apple dan lima penerbit besar terkait penjualan e-book. Pejabat yang terlibat dalam penyelidikan itu menyatakan pihaknya berencana  menuntut mereka dengan tuduhan bersekongkol menaikkan harga e-book.
Beberapa pihak telah mengadakan pembicaraan untuk menyelesaikan kasus yang dalam sistem pengadilan AS akan dimasukkan dalam kasus antitrust ini.
Lima penerbit yang menghadapi kemungkinan tindakan tegas Departemen Kehakiman adalah Simon & Schuster Inc, sebuah unit dari CBS Corp; Hachette Book Group; Penguin Group; Macmillan, unit usaha Verlagsgruppe Georg von Holtzbrinck GmbH; dan HarperCollins Publishers Inc, unit usaha News Corp.
AS dan Eropa tengah menyelidiki apakah penerbitan dan harga e-book yang dibanderol mereka menghalangi pesaing dan merugikan konsumen. Penerbit mengadopsi model agensi pada tahun 2010, berbarengan dengan waktu Apple meluncurkan iPad, yang memungkinkan penerbit untuk menetapkan harga e-book. Pada gilirannya, Apple akan mengambil potongan 30 persen dari harga yang ditetapkan.
The Wall Street Journal melaporkan peringatan pertama gugatan Departemen Kehakiman untuk Apple dan kelima penerbit itu telah dilayangkan.
Eskalasi dalam penyelidikan kasus ini datang setelah gugatan class action paralel yang sekarang tengah bergulir di pengadilan Manhattan. Apple dituduh bekerja sama dengan penerbit sebelum iPad diluncurkan pada 2010.
Gugatan dibawa atas nama konsumen e-book, menuduh Apple dan penerbit berkolusi untuk menggeser harga e-book dari metode grosir, di mana pengecer membayar produk dan mengisi apa yang mereka suka sesuai harga yang ditetapkan agen.
Gugatan class action, yang diajukan oleh firma hukum Hagens, Berman, Sobol, Shapiro, dan LLP ini menuduh Apple menjadi "pusat" kolusi itu.
source: http://id.berita.yahoo.com/departemen-kehakiman-peringatkan-apple-013304024.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar